WAHYU USWATUN KHASANAH FLAT SAKURAWAHYU USWATUN KHASANAH WAHYU USWATUN KHASANAH Flip Flop SpongeBob

Minggu, 25 Oktober 2015

OKINES STORY 

Assalamualaikum wr wb
       Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya saat OKINES (Olimpiade Kimia Universitas Negeri Semarang) SMA/sederajat tingkat nasional seleksi tahap 1 pada hari minggu tanggal 4 Oktober 2015 . Okines ini di selenggarakan di 12 region yaitu di Semarang, Jogjakarta, Purwokerto, Surabaya , Jember, Bali, Jakarta, Bandung, Lampung, Solo , Kudus , dan Tegal .
       Pada pukul 06.00 WIB saya bersama dengan guru pembimbing saya Ibu Zuidah Latifah serta suami , Devi Wahyu Daniati , dan Rizky Fitriyani berangkat menuju kampus UNNES . Di sepanjang jalan kami bercakap-cakap , bercanda dan belajar bersama . Kami sampai di UNNES kira-kira pada pukul 07.30 WIB . Saya sungguh senang mendapat pengalaman yang menyenangkan ini .
        Disana telah banyak para peserta yang hadir dengan para guru pembimbingnya yang penuh semangat dan optimisme yang besar . Mereka berasal dari sekolah-sekolah di sekitar kabupaten dan kota Semarang, banyak pula yang dari luar Semarang . Setelah selesai mengurus administrasi , kami mencari tempat yang nyaman untuk belajar . Tak disangka kami bertemu pak Avin Karunia , mahasiswa UNNES jurusan pendidikan kimia yang pernah melakukan PPL di MAN 1 KOTA MAGELANG . Saya sangat senang dapat bertemu kembali dengannya . Ibu Nurmalia dan Ibu Suci yang saat ini sedang PPL di sekolah saya juga mendampingi .
        Pukul 08.30 WIB apel pembukaan OKINES dimulai dan diikuti oleh 150 peserta dari berbagai sekolah . Pukul 09.00 seluruh peserta memasuki ruang ujian . Tiap ruang diisi oleh 25 orang peserta . Di dalam ruang tersebut, ketegangan begitu terasa . Soal adalah 60 butir dengan waktu mengerjakan 60 menit . Kurang lebih setengah dari seluruh soal saya kerjakan . tidak semuanya saya kerjakan karena terdapat pengurangan nilai untuk jawaban salah .
         Pukul 10.00 waktu mengerjakan selesai . kakak-kakak mahasiswa Unnes yang mengawasi di ruangan saya kemudian mensosialisasikan tentang seleksi tahap 2 dan final . Mereka juga memperlihatkan Game Edukasi kimia yang akan di mainkan oleh para finalis besok .
berikut beberapa foto pada saat OKINES seleksi tahap 1






         Pengumuman 50 besar semifinalis ( 2 terbaik dari tiap region dan 30 besar secara paralel) akan diumumkan pada hari minggu , 11 Oktober 2015 pada pukul 04.00 sore di WWW.Okines2015.net .
         Kebetulan pada hari tersebut saya tidak mempunyai pulsa dan tidak membuka pengumuman . Ibu Latif , Devy dan Rizky secara bersamaan mengucapkan  selamat kepada saya karena saya lolos . Saya tidak percaya sampai saya tidak bisa tidur pada malam harinya mengingat pada tahun kemarin kakak kelas saya yang mengikuti okines tidak lolos masuk semifinal padahal dia lebih pintar dibanding saya .
         Pagi harinya saat memasuki gerbang sekolah saya diajak Bu Latif melihat hasil pengumuman tersebut . Di ruang guru, semuanya memberi selamat dan dukungan kepada saya . Saya amat senang karenanya dan berterima kasih . Pengumuman tersebut ternyata diumumkan pada saat apel pagi , teman-teman saya jadi tau semuanya .
         Saya masih belum percaya . namun Bu Latif meyakinkan saya . saya sangat bersyukur sekali .
         Pada tanggal 24 oktober 2015 , saya, ajeng dan Ibu Latif beserta suami dan anak perempuannya berangkat ke Semarang . Seperti kemarin , berangkat pada pukul 06.00 WIB . Kami mengurus administrasi dahulu . Kompetisi dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 10.05WIB . Saya sangat tegang saat itu . 10 soal uraian panjang dengan waku mengerjakan 60 menit . 






          Pukul 12.00 pengumuman ditempelkan . Saya minta maaf sama ibu Latif sebelum melihat pengumuman namun beliau tetap mensupport saya . beliau tidak kecewa namun beliau bilang kepada saya beliau bangga sampai sejauh ini .benar saja , saya tidak masuk final . hanya 5 orang beruntung saja .
itulah sedikit pengalaman saya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar